Minggu, 17 Agustus 2008

MISTERI HILANGNYA 2 KURSI

Setelah aku liat lagi kok kayaknya judulnya gimanaaaaaa gitu,nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata.Tapi memang judul di atas sesuai sama yang aku alami hari Jumat,15 Agustus 2008 kemaren.Dua kursi di kelasku hilang secara misterius.HAHAHAHHHHHHH(g bau,kan?Dah gosok gigi,kok).Cerita ini ada sedikit mistik-mistiknya dan NYATA terjadi.Yang sabar ya bacanya coz nih tulisannya bakalan banyak banget.Kalo dah males baca udah berenti ajah g usah dipaksain,nanti dimarahin mama lho(halah!).

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republik Indonesiaku tercinta (yg makin hari penduduknya makin sengsara)sekolah atau OSIS atau apalah pokoknya bukan aku,ngadain macem-macem lomba.Ada lomba estafet makan bakiak,estafet makan karung,estafet makan bola pingpong, makan bola basket,makan futsal, bazaar,en lomba kebersihan kelas(tolong ya kata ‘makan’ di setiap lomba nggak usah dibaca).Klo aku jadi panitianya,aku bakalan bikin lomba sendiri: lomba nangkep karung,lomba balap belut,lomba makan kelereng,lomba balab kerupuk,masukin botol ke dalem pensil.Kreatip kan aku?

Balik lagi masalah kursi yang hilang.Duh,mulai dari mana,ya?Mmm,hmmm,ohhhh,hoekkkkk(maksudnya apa,sih?).Oke gini, karena kelas 9DHE AKA LanDHE terobsesi banget pengen jadi pemenangnya lomba kebersihan kelas(keknya kata’terobsesi’ekstrem bgt) nak2 LanDHE semangat bgt buat ngerubah ruang kelas MAT2 yang kayak kandang ayam.

Salah banyak anak yang sangat semangat itu adalah saya,Dara alias banted,Bebek alias Irma,Daus alias beruang kutub,Nabil alias botol kecap, dan Bagas alias Oliv.Kita berenam patut dibilang sangatsemangat karena baru pulang ba’da Maghrib,padahal mulainya dari jam 9 pagi.Anak2 yg lain kebanyakan pulang sore atau siang.Jadi,deh kita berenam nemenin anak OSIS yang nyiapin panggung buat pensi tujuh belasan.

Adzan Maghrib berkumandang,kita masih sibuk ngamplas meja yang banyak coret-coretannya sedangkan yang lain udah pada pulang sore tadi.Meja ama kursi dah ditaruh dan ditata sedemikian rupa di luar kelas.Jadi,ruang kelas kosong oblong biar gampang nyapu ato ngepelnya.

“SREKKKKK,SREKKKKKKK”

Gila tuh si Nabil,semangat banget ngamplasnya.

“SREKKKKKKKK,SREKKKKKK,SREKKKKK”

Lama-lama berisik juga nih anak!

“Nabil,Jangan keras-keras!Pamali tauk berisik maghrib-maghrib,” aku dan Dara berpikiran sama.

“Iyo,iyo.Cerewet.”

Makin lama sekolah makin gelap,nggak ada lampu,ada tapi nggak dinyalain,hemat listrik,byasa sekolah KERE.Cuman kelasku yang terang benderang.

Dengan tenaga enam orang anak yang nggak berbakat dalam hal amplas mengamplas,Dara berpikiran kalo dikerjain sampe 3 kali puasa 3 kali lebaranpun nggak bakalan selesai.Ya iyalah!Dua puluh meja yang full coret-coretan dan enam anak doank yang ngamplas,nggak sebanding.Akhirnya kita berenti ngamplas dan beralih ngangkut meja kursi ke dalem kelas lagi.

“NGEKKKKK,NGEKKKKK”

Bukannya diangkat aku malah nyeret satu kursi sampe menimbulkan suara yang berisik banget.

“Shabrina,diangkat jangan diseret.Suaranya itu lho,”lagi-lagi Dara.
“Kenapa,seh?”
“Pamali berisik Maghrib-magrib,”lagi-lagi pamali.

Aku,Irma,Dara en Daus berusaha sekuat tenaga ngangkat satu per satu meja dan kursi ke dalem kelas.Eh nggak taunya Bagas sama Nabil malah guyon gak jelas sampe ketawa ngakak-ngakak.

“Bagas,Nabil! Jangan berisik,pamali,”larang Dara sambil dengan susah payah ngangkat satu meja.

“Janc*k,opo-opo’an kon iku,Dar. Pamali-pamali ae ket mau.” (Janc*k,apa-apa’an kamu itu,Dar.Pamali-pamali aja dari tadi.)

Dara nurunin meja yang diangkatnya,“Bagas!!!Jangan misuh-misuh,pamali!!” Dara,dara percaya banget sama pamali-pamali’an.
Bagas malah misuh-misuh di depan mukanya Dara,”Janc*k,Janc*K janc*K!!!!”
“Bagaaaassss!!!!Aku nggak nanggung kalo ada apa-apa sama kamu!”Dara balik lagi ngangkat meja tadi.

Satu persatu meja sama kursi kita angkut ke dalem dengan susah payah.Rencananya gini,kursi meja yang bagus ditaruh depan dan yang udah jelek ditaruh belakang.Biar nggak keliatan jelaknya gitu.Daus nyendiriin kursi yang udah jelek.Kursi yang udah goyang-goyang kalo didukin orang berat badan normal,dan bakalan rubuh kalo didudukin orang berberat badan abnormal kayak aku.

“Yang ini diambilnya terakhiran aja,”begitulah Daus berbunyi.

Bentar lagi selesai,tinggal masukin beberapa kursi lagi.Ternyata rencana tinggallah rencana,meja kursi yang jelek ada yang taruh depan yang bagus ada yang taruh belakang.Itu karena kita buru-buru,hari makin gelap.Kursi yang disendiriin sama Daus nggak jadi ditaruh belakang,malah ditaruh paling depan sendiri.
Tinggal satu meja yang kosong dan itu berarti tinggal masukin 2 kursi lagi.

“LHO,KURSINYA?!”
Aku sama Bagas yang masih tata-tata meja di dalem buru-buru keluar begitu denger suaranya Irma itu.
Di luar kelas udah ngumpul Daus,Irma,Nabil,dan Dara yang lagi kebingungan.
“Kenapa,Ir,”tanyaku.
“Kursinya hilang.”
“Hehhh?Kok bisa?”
“Tau.”
Bener,di luar kelas nggak ada satupun kursi.Padahal seharusnya masih sisa 2 kursi.Dara udah ketakutan sendiri,dia hampir aja nangis.

“Cari,cari!Mungkin aja diambil sapa gitu kek.”
“Cari dimana,Shab?Lagipula sapa yang ngambil?” Irma kayaknya juga mulai ketakutan,tapi dia nyembunyiin ekspresi mukanya.
“Jangan-jangan diambil sama........hiyyyyyyyyyy...,” insting jailnya Bagas mulai terangsang.
“Bagas jangan gitu,ah!” Dara nyoba buat nggak nangis.
“Lho be’e ae,kan (lho,mungkin aja,kan) diambil sama....hiyyyyyyy.”
“Eh itu di depan kelas E ada kursi,mungkin aja punya kita.”
Bener kata Daus,di depan kelas E ada dua kursi.Walaupun gelap banget,dua kursi itu masih keliatan samar-samar,nggak terlalu jelas.
“Siapa yang mau ngambil?” Irma mempersilahkan.

Semua pada saling tunjuk.Daus nunjuk Bagas,Bagas nunjuk Nabil,Nabil nunjuk Daus ama Bagas.

“Ya wis bareng-bareng.”

Kita berenam bareng-bareng ke kelas E yang cuman dipisahin sama preparasi Kesenian.Anak-anak cowok yang di depan.Gelap benget,udah gitu auranya nggak enak banget lagi.Sumpah,aku merinding padahal aku nggak pernah kayak gini.Belom sampe di kelas E, tiba-tiba....
“HIIIIIYYYYYYY,ADA APA ITU?!!!!”
Resek tuh si Nabil nakut-nakutin.
“AAAAAAAA!!!!!!”Dara njerit.
Semuanya pada lari ke dalem kelas nggak terkecuali aku.Nabil ma Bagas ngakak.
“Ya Allah,jangan gitu,ta,rek.” Dara ngos-ngosan.
“Sapa yang mau ngecek ke kelas E?” tanya Irma lagi.
“Ya wis aku sama Bagas.”
Bagas yang merasa mendapat paksaan dari Nabil berontak,” Emohhhhh!!Kon dhewe ae,Bil!”(Nggak mau!Kamu sendiri aja,Bil!)
“Ya wis,Bil sama aku aja,”Daus menawarkan diri.
Tinggal Bagas cowok sendiri di dalem kelas,hal ini membuat Bagas berubah pikiran,”He,rek tunggu!”
Di dalem kelas,Dara terisak-isak nahan tangisannya,Irma sibuk main M-XIT,dan aku bikin hipotesis sendiri kemana hilangnya sang kursi yang malang.

Kemungkinan 1 : Kursi disembunyiin Bagas yang emang jail dari sononya.
Kemungkinan 2 : Pas siang tadi ada anak kelas lain yang butuh kursi dan seenaknya ngambil kursi yang kita tata di luar kelas.

Kalo 2 kemungkinan itu salah,nggak tau lagi deh aku.
“Hik...hik..hik..hikk.”
Tiba-tiba ada suara orang bengek yang medheni.ASEM!Ternyata suaranya Dara.
“Dar,mandek,gak?! Kon lho nek ngono medheni,Dar”(Dar,berenti,gak?!Kamu kalo kayak gitu nakutin,Dar)
“Dara takut,Dara mau pulang,Dara mau pulang.Dara fobia sama beginian.”
Daus,Nabil,Bagas akhirnya datang juga.Dan hasilnya,kursi di depan kelas E itu bukan punya kelas kita.Lantas dimana dua kursi itu?Kita tanyakan saja pada Galileo.
“HEI SIAPAPUN KAMU YANG ADA DI SINI,TOLONG BALIKIN KURSINYA.KAMI MAU PULANG!!”
“BAGAAAASSS!!!Kamu apa-apaan,seh?”
Gawat.Dara udah mulai netes air mata.Bagas ma Nabil tambah sumringah.Mereka kayak menemukan mainan baru bernama Dara.Cara mainnya,ucapkan kata “hiiiyyyy” dan Dara bakalan teriak sejadi-jadinya.Aku sama Daus diem aja ngliatin Dara yang dianiaya sedangkan Irma malah main M-XIT.
“Haduh,rek koyok ngene’an esuk-esuk yo onok.Kon ae sing gak eruh,eruhe pas saiki bengi-bengi.”(Kayak beginian pagi-pagi juga ada.Kamu aja yang nggak tau,taunya baru sekarang malem-malem.)
“NABIILLL!!!Huuuuu...Huuuuu....Hiks...hiks.Aku mulih..hiks..aku mulih”(Aku pulang,aku pulang)
“YO MULIH’O KONO ,DAR!”(Ya pulang aja sana,Dar)
Dara nenteng tasnya keluar kelas. Nggak lama kemudian Dara balik lagi.
“Lapo mbalik?”(Ngapain balik) tanyaku.
“Ta..hiks..takut...hiks..di..di..di luar gelap..hiks.”
Yahhhhh!
Setelah baliknya Dara,kita berenam cuman diem-dieman di dalem kelas.Sepi,nggak ada suara.Bagas ma Nabil kayaknya udah bosen mainin Dara.Nabil ngelap meja guru,Irma masih tetep main M-XIT,Daus nyapu lantai,Dara masih terisak-isak,aku duduk-duduk di lantai,dan Bagas berdiri ngelihatin luar kelas.Ngapain tuh anak? Bagas diem aja,kayaknya dia lagi merhatiin sesuatu.Firasatku menyatakan ada yang ndak beres sama Bagas.
“Minggir,Gas,” Daus nyuruh Bagas minggir,lantai tempat Bagas berdiri mau disapu sama Daus.
Bagas minggir trus ngeliat ke luar kelas lagi.Tiba-tiba..
“JANC*K! JANC*K ! JANC*K!”
“Opo,Gas?”
Bagas lari ke belakangnya Nabil,”JANC*K!AKU NDONTOK AREK NANG KONO.”(aku lihat anak disana)
Bagas nunjuk-nunjuk ruang kelasnya 9F,”ONOK AREK MAU NANG KONO,C*K.”(ada anak tadi disana)
Dara mulai nangis lagi,”Bagas,please po’o jangan gitu,Gas.”
“Ya Allah,Dar.Sumpah,onok arek mau nang kelase 9F saiki areke ilang”(Sumpah,ada anak tadi di kelasnya 9F sekarang anaknya hilang)
Awalnya aku nggak percaya sama Bagas.Gimana bisa percaya orang Bagas itu anaknya tukang bo’ong.Dalam pikiranku waktu itu Bagas cuman mau nakut-nakutin Dara.Tapi kok ekspresinya bagus banget.
“Gas,udah kalo lihat nggak usah dikasih tau,”Daus.
“Halah,paling juga anak kelas 9F,” aku ngluarin kemungkinan paling masuk akal saat itu.
“Iya seh,Shab.Tapi ngapain anak itu kesini malem-malem..”
“OSIS,” aku motong omongannya Irma.”Anak 9F kan banyak yang ikut OSIS.”
“Ank OSIS kan pada ngumpul di sana,lagi ngurusin panggung.Ngapain ke situ?”
“Mungkin aja ada barangnya yang ketinggalan.”
“Oiya!Panggung.Munkin aja kursinya diambil anak OSIS buat pancik’an,Daus ngeluarin ide bagus.
Daus,Nabil,Irma,sama Dara lari ke panggung nemuin anak OSIS.Aku yang nggak kuat lari cuman jalan pelan-pelan ngikutin mereka.Bagas jalan di belakangku.
“Gas,kon temenan ndontok?”(kamu beneran lihat?)
“Karepmu,Shab percoyo ta enggak.”(terserah kamu,Shab percaya apa enggak)
Belom sempet aku ngejar empat anak itu,mereka dah balik duluan.Dan ternyata kursi yang dibuat pencikan(pijakan) panggung sama anak OSIS,diambil dari kantor OSIS.Nah trus 2 kursi itu kemana perginya?
Habis itu aku pulang duluan gara-gara udah dijemput sama mamaku.Besoknya,aku tanya ke Bagas yang lagi bersihin tumpahan cat di luar kelas,”Gas,kursinya wis ketemu,ta?”
“Durung(belom)”
“Temen?(bener?)”
“Yo wis lihaten dhewe nang njero kono!(ya udah lihat sendiri di dalem sana)”
Yah,sampai aku nulis ini di laptop rumah kursinya belom juga ketemu.Nggak tau sapa yang ngambil.Soal Bagas ngelihat ank di kelas 9f aku 99% nggak percaya.Inget,Bagas itu tukang bo’onk,nggak bisa dipercaya.Dan saat aku ngetik ini aku sempet takut dikit.Tiba-tiba ajah laptopku mati!Untung ajah tulisan ini daqh di save.Kok bisa mati-mati sendiri?Ehhh ternyata kabelnya kesenggol adekku yang lagi jalan trus copot dari cop-copan,jadi deh mati.

NB: BAGI YANG UDAH BACA DARI AWAL SAMPE SINI AKU DOAKAN SEMOGA APA YANG DIINGINKAN BISA TERCAPAI.BAGI YANG BACA TRUS NGASIH KOMEN,DAPET TAMBAHAN AKU DOAKAN MASUK SURGA.

3 komentar:

it's nyd .. mengatakan...

semangatlah dek!!

Lynn mengatakan...

wew baru gw baca setengah :)

Anonim mengatakan...

jaaaaah...kok bisa ane gitu?
terus?terus?penasaran nih